JAJANAN PASAR

JAJANAN PASAR



KLEPON GULA MERAH
Kue klepon? Siapa sih yang tidak menyukainya. Kue berbentuk bulat-bulat berwarna hijau, berisi gula merah di selimuti kelapa. Klepon tersohor dimasyarakat, disukai kalangan atas dan menengah kebawah karena harganya yang relatif murah.  Klepon sudah tak asing lagi bagi orang Kalimantan, khususnya yang tinggal di Martapura. Klepon di anggap salah satu kue khas kota Intan tersebut.


Taukah kalian asal usul klepon, nah dari cerita ini kita akan mengetahui asal usul kue klepon ini.




Dahulu kala, hidup seorang janda bersama putrinya Galuh. Sejak ditinggal suaminya, sang janda pun sering sakit – sakitan. Sang janda mempunyai kebiasaan senang membuat kue. Kue buatannya pun sangat lezat dan digemari banyak orang. Karena itu sang janda banyak mempunyai pelanggan. Orang zaman dulu hanya bisa membuat kue sederhana, hanya dengan memasukkan beras dalam lesung. Pada masa itu tak ada kompor, memasak hanya dengan menggunakan kayu.

Saat tetangga datang kerumah, ibu meminta tetangganya tersebut mencicipi kue buatan Galuh. Tetangga bertanya apa nama kue tersebut, Galuh terdiam. Sang janda ingat bahwa putrinya Galuh menyebut “kalapun”, lalu ia mengatakan bahwa kue tersebut bernama ”kalapun”.

Sejak saat itu kue tersebut dijadikan Galuh sumber rezekinya. Galuh tak ingin lagi ibunya yang sakit – sakitan berdagang kue. Seiring perkembangan zaman yang terus mengarah pada perubahan kue kelepun pun ikut mengalami perubahan sedikit nama dari kelepun menjadi kelepon. Namun tak sedikit orang yang masih menyebut kelepun pada kue kelepon. Mengenai rasa dan bahan pembuatan kelepon tak ada perubahan hingga sekarang, kelepon tetap menjunjung rasa manis dan menggugah selera. Karena Galuh tinggal di daerah Martapura maka kue kelepon tersebut disinyalir sebagai salah satu kue khas Martapura.



CARA MEMBUAT KLEPON 

3 komentar:

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda