Sejarah Mie Instan

Sejarah Mie Instan

Hai guys, balik lagi nih sama mimin. Selamat hari senin ya, selamat tanggal 21 :)
Mimin mau bagi-bagi info mengenai sejarah mie instan yang sering kalian konsumsi ketika di rumah mama tidak memasak hehe. Yuk disimak...


Instant noodle modern ditemukan pertama kali oleh Momofuku Ando seorang Taiwan yang pindah ke Jepang. Beliau adalah pendiri Nissin Foods, salah satu pembuat instant noodle terbesar di dunia. Metode sederhana beliau awalnya adalah memasak mi dalam kuah yang ada rasanya, kemudian deep fried dengan minyak kelapa sawit untuk mengeringkannya sehingga menjadi kering sama sekali. Untuk memakan tinggal dipanaskan dengan air panas saja.

Tahun 1958 Nissin meluncurkan mi instan yang pertama, Chicken Ramen di Osaka. Lompatan bersejarah ketika Nissin memperkenalkan cup noodles kepada dunia. Dan disusul pengembangan lainnya termasuk menambahkan sayuran yang dikeringkan untuk melengkapi hidangan mi tersebut.

Menurut Instant Ramen Manufacturers Association dan World Instant noodles Association, negara-negara di Asia lah yang menempati jawara baik pembuatan dan konsumsi. Penemu mi instan Momofuku Ando tutup usia di 96 tahun pada 2007. Jasa-jasanya untuk the most popular culinary in the world akan dikenang sepanjang masa. Tahun 1999 dibuka museum khusus instant noodles di Ikeda dengan nama Momofuku Ando Instant Ramen Museum.

Sebelum menutup mata, sang penemu puas mencapai impian terbesarnya, yaitu membawa mi instannya menembus angkasa luar. 


Di bulan Juli 2005, Nissin memperkenalkan vacuum packed instant noodle yang dibuat khusus untuk astronot Jepang, Soichi Noguchi yang dibawa dalam misi ke luar angkasa Discovery di bawah NASA Space Shuttle Program.



Sumber : http://travel.kompas.com/read/2016/03/07/120418427/Mi.Instan.dan.Sejarahnya

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda