Bubur Sumsum

Bubur Sumsum


Nama bubur sumsum tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat. Mungkin, sebagian besar masyarakat, sudah pernah mencoba makan bubur yang satu ini. Jangan mengira bubur ini sama dengan bubur kacang ataupun bubur ayam, karena bahannya pun berbeda.
Bubur sumsum adalah sejenis makanan berupa bubur warna putih yang dimakan dengan kuah manis (air gula merah). Dibuat dari bahan tepung beras. Mengenai nama bubur itu sendiri, karena memang tekstur dari tepung beras tersebut, dimasak  seperti bubur. Sementara kata sumsum, merupakan deskripsi dari warna bubur itu sendiri yang berwarna putih seperti tulang sumsum.
Mengenai asal usul dari bubur sumsum, belum diketahui secara pasti dari daerah atau negara mana makanan ini berasal. Mengingat kehadirannya cukup luas di seluruh nusantara dan juga negara tetangga Malaysia. Bubur sumsum mudah dibuat sendiri di dapur keluarga, namun di beberapa daerah terdapat juga penjual bubur sumsum.
Rasanya yang gurih dan manis, makanan ini selalu dicari oleh setiap penggemarnya. Makanan ini, lebih enak dinikmati dalam keadaan dingin, dengan menggunakan batu es. Bahkan, saat ini bubur sumsum banyak macammnya, seperti bubur sumsum biji salak.
Bedanya, bubur sumsum ini ditambah candil  yang menyerupai biji salak. Tapi, apapun jenisnya, makanan ini tetap enak untuk dinikmati. Baik untuk dinikmati dalam keadaan santai, ataupun untuk disajikan dalam acara-acara resmi.



0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda