Hangatkan Badan dengan Wedang Secang

Hangatkan Badan dengan Wedang Secang

Batang pohon secang sudah lama dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai bahan untuk membuat minuman. Konon, wedang secang memiliki khasiat yang menyehatkan dan dianggap sebagai minuman keraton.
Sekarang parutan kayu secang banyak dijual keemasan dalam minuman atau campuran minuman bersama rempah-rempah lainya untuk meningkatkan stamina dan kesehatan.
Rasa secang sangat sedikit asam dan segar, minuman ini menjadi minuman khas di Yogyakarta. Bahan dasar minuman ini adalah serutan kayu secang yang direbus bersama rempah lainnya seperti cengkih dan kayu manis.
KhasiatKandungan dalam batang pohon secang antara lain penghenti pendarahan, pembersih darah, penawar racun, dan obat antiseptik . Karena tanaman ini mengandung senyawa anti bakteri dan bersifat anti koagulasi atau anti penggumpalan, maka tak heran kalo secang dapat digumakan sebagai obat diare, batuk dan dapat menyembuhkan luka. Jika sedang diare 5 gram kayu kering dipotong kecil, kemudian rebus dengan dua gelas air selama 15 menit setelah itu saring dan segera diminum.


0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda