Zangrandi Tutty Fruty

Zangrandi Tutty Fruty


Kedai es krim tertua di Surabaya yang masih mempertahankan eksistensinya sampai sekarang adalah kedai es krim Zangrandi. Kedai es krim ini didirikan oleh Renato Zangrandi yang berasal dari Italia pada tahun 1930. Dia mendirikan kedai es krim di lokasi yang strategis, di seberang gedung yang sekarang bernama Balai Pemuda. 
       
        Dulu gedung itu adalah tempat pesta para meneer dan mevrouw Belanda. Jadi sebelum atau sesudah pesta, orang-orang elit itu mampir dulu ke toko es krim Zangrandi. Bangunan yang sekarang beralamat di jalan Yos Sudarso no 15, Surabaya ini masih merupakan bangunan dengan arsitektur jaman Belanda dan menjadi salah satu cagar budaya di Surabaya.

    Oleh karena itu, bentuk bangunannya masih dipertahankan seperti saat pertama kali dibangun. Pintu dan jendela serta perabot yang digunakan seperti kursi rotan berwarna merah kuning beserta mejanya membuat suasana tempo dulu semakin terasa. Pengunjung bisa memilih, mau duduk di halaman bangunan sambil menikmati lalu-lalang kendaraan atau duduk di dalam. 

Kedai es krim ini memiliki cabang disejumlah tempat diantaranya di Galaxy Mall, Plasa Tunjungan, Plasa Surabaya, Pasar Atum dan Bonnet. Buka dari jam 10.00-22.00 wib.

Tersedia dalam berbagai menu pilihan diantaranya ;
  • Horn Topping,
  • Macedonia,
  • Noodle ice cream,
  • Satay ice cream,
  • Tutty fruity,
  • Crispy Basket,
  • Tropicana Fruit, Banana, dengan kombinasi berbagai rasa seperti vanilla, mocca, strawberry, durian, chocolate, lychee dll.
Variasi harga mulai Rp8.500-Rp18.500. Cukup murah meriah.

Es krim yang terkenal pertama kali adalah Tutti Frutti yaitu es krim berbentuk segitiga dengan berbagai rasa buah-buahan yang nikmat. Sedangkan es krim yang menjadi favorit di Zangrandi adalah Macedonia, es krim bulat yang bagian atasnya dibentuk seperti huruf V dan ceruk itu diisi rhum. Rasa es krim yang unik diimbangi dengan tekstur es krim yang sedikit kasar (tidak terlalu lembut seperti es krim modern) dan mudah lumer. Tentunya karena es krim ini memakai resep jadul asli tanpa tambahan bahan kimia.

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda